ADS

Hati-Hati! Jikalau Terdapat Lipatan Menyerupai Ini Pada Daun Terlinga Anda, Artinya Anda Sedang Menderita Penyakit Berbahaya Ini!

Untuk kalian yang sudah berusia di atas 35 tahun, cobalah bercermin dan lihat bab pendengaran Anda. Apakah pada pendengaran Anda terlihat sebuah lipatan menyerupai ini?

Sendy (nama samaran) yakni seseorang yang tinggal di Guangzhou, Tiongkok. Sekarang ia sudah berusia 45 tahun dan selama 10 tahun terakhir, ia telah menderita hipertensi. Ketika ia bercermin beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba ia melihat ada lipatan di cuping telinganya pada bab depan maupun belakang. Awalnya ia tidak peduli ataupun khawatir, alasannya yakni menganggap hal tersebut bukanlah suatu hal yang besar.
Hingga suatu hari, dikala ia sedang membersihkan rumah, tiba-tiba dadanya terasa nyeri dan napasnya tidak lancar. Untungnya, keluarganya segera membawa dirinya ke rumah sakit.
Dokter mendiagnosis bahwa Sendy menderita jantung koroner! (Penyakit jantung koroner yakni salah satu akhir dari tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah.)
Dokter kemudian segera melaksanakan pengobatan dengan melaksanakan operasi bypas arteri yang tersumbat untuk memperbaiki fatwa darah.
Ternyata, hal tersebut ada hubungannya dengan perubahan pendengaran yang tidak terlihat sebagai dilema serius. Lipatan yang terlihat pada daun pendengaran ini disebut dengan "tanda Frank", sebutan medis untuk karakteristik pendengaran yang mempunyai kekerabatan dengan penyakit kardiovaskular, penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.
Para ilmuwan memang belum yakin bagaimana kedua hal ini sanggup saling berhubungan, tapi ada beberapa teori. Degenerasi jaringan lentur di sekitar pembuluh darah kecil yang membawa darah ke pendengaran akan menghasilkan lipatan pada daun telinga. Ini mengatakan jenis perubahan yang sama pada pembuluh darah terkait dengan CAD. Dengan kata lain, perubahan yang terlihat pada pembuluh darah kecil di pendengaran mengatakan perubahan yang sama pada pembuluh darah di sekitar jantung yang tidak terlihat.

Saat ini, ada 3 level "tanda Frank":

1. Level I: Muncul beberapa lipatan kecil pada daun telinga
2. Level II: Lipatan pada daun pendengaran terlihat jelas, dimana lipatan tersebut membagi daun pendengaran menjadi dua bagian
3. Level III: Lipatan yang lebih dalam pada daun telinga. Panjangnya sama atau lebih panjang dari daun telinga

Apakah mempunyai lipatan pada daun telinga, niscaya mempunyai dilema pada jantung?

Berdasarkan survey mengatakan bahwa sekitar 48% pasien penyakit jantung koroner mempunyai lipatan pada daun telinga. Dan 89% orang dengan "tanda Frank" yakni orang yang beresiko tinggi terkena penyakit jantung koroner.
Hal menyerupai ini rentan terjadi pada orang dengan usia 35-60 tahun. Menurut para peneliti, lipatan daun pendengaran sanggup mengidentifikasi pasien yang rentan terhadap penuaan dini serta perkembangan awal penyakit arteri koroner, yang diprediksi sanggup disembuhkan melalui langkah-langkah pencegahan awal.

Sumber: nocancer

Subscribe to receive free email updates:

ADS