ADS

4 Tanda Kau Terkena Neuropati, Gangguan Saraf Yang Sering Diabaikan

Mungkin masuk akal bila tanda-tanda neuropati atau gangguan pada saraf seringkali banyak orang abaikan. Sebab gejala-gejala neuropati menyerupai kesemutan dan kram memang merupakan tanda-tanda yang umum dirasakan banyak orang.
"Kerusakan pada pecahan sistem saraf tepi sanggup menciptakan pecahan badan awalnya terasa kesemutan, kemudian kebas, dan jikalau tidak ditangani akan mengalami mati rasa total," ujar Manfaluthy Hakim, Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), dalam program temu media bertajuk 'Kenali Gejala dan Dampak Fatal Neuropati' di Jakarta, Selasa (31/7).
Manfaluthy menyampaikan kebanyakan orang masih mengabaikan tanda-tanda neuropati. Padahal, bila sering terjadi dan berulang kali, hal tersebut merupakan menandakan dari gangguan saraf serius.
Oleh alasannya yaitu itu, bila kau mulai mencicipi gejala-gejala dari neuropati menyerupai di bawah ini, ada baiknya kau segera menemui dokter alasannya yaitu gangguan saraf sanggup berdampak serius dan mengganggu kehidupan sehari-harimu.

1. Pegal-pegal
Rasa pegal, terutama di sekitar lengan dan kaki, memang tampak menyerupai sesuatu yang biasa, terutama sehabis bekerja keras. Namun berdasarkan data yang dipaparkan oleh Manfaluthy, rasa pegal merupakan tanda-tanda neuropati yang prevalensi kemunculannya paling tinggi, yaitu 66 persen.

2. Kesemutan
Kesemutan yaitu sensasi kebas atau mati rasa yang umumnya dirasakan di tangan atau kaki. Hal ini sanggup terjadi ketika saraf secara tidak sengaja mendapat tekanan sehingga menimbulkan ajaran darah menjadi tidak lancar.
Menurut Manfaluthy, bila hanya terjadi sesekali, maka hal ini bergotong-royong masih wajar. Namun bila terlalu sering terjadi apalagi sampai diikuti oleh rasa sakit atau panas, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

3. Kram
Kram terutama pada otot, terutama otot betis mungkin pernah kau alami, terutama ketika gres bangkit tidur atau ketika olahraga. Kram ditandai dengan otot yang tiba-tiba menegang dan menimbulkan rasa sakit. Pada penderita gangguan saraf, kram ini biasanya akan diikuti dengan kedutan.
Kram umumnya merupakan tanda-tanda neuropati perifer, gangguan yang berdampak pribadi pada anggota gerak, menyerupai lengan, tungkai, tangan, kaki, dan jari.

4. Tangan atau kaki terasa tertusuk
Sensasi menyerupai ditusuk-tusuk, baik itu di tangan maupun di kaki, terutama yang muncul pada penderita diabetes merupakan tanda-tanda dari beberapa gangguan saraf menyerupai carpal tunnel syndrome, multiple sclerosis, atau juga termasuk neuropati perifer.

Subscribe to receive free email updates:

ADS