ADS

Semut

Hewan kecil yang sering kita abaikan, ternyata punya semangat juang yang tidak boleh diremehkan. Semut, binatang yang juga dihentikan untuk dibunuh ini, sangat dianjurkan untuk dijadikan pola pembenahan diri.

Mulai dari semangat untuk mengejar impian, selalu taat pada orangtua dan pemimpin negara, senantiasa menatap ke masa depan yang cerah, dan hal-hal positif lain yang kerap kali kita abaikan. Ternyata, dari binatang semut, kita sanggup memperbaiki hidup jadi lebih terarah lagi.

Kira-kira, seberapa jauh kita sanggup berguru dari semut ini?


1. Semangat Pantang Menyerah

Semut mempunyai semangat pantang mengalah yang perlu kita tiru. Tidak peduli rintangan atau halangan apapun, ia akan berusaha untuk melewatinya. Bahkan jikalau halangan itu sanggup mengancam kehidupannya, ia akan terus berupaya untuk berjalan dan berjalan.
Hal ini sanggup kita terapkan di kehidupan nanti. Misalkan saja, kita selalu gagal mendirikan usaha, maka percayalah Tuhan membawa kita pada kegagalan supaya kita berguru dari kegagalan tersebut. Barulah, kita mulai lagi meniti perjuangan yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

2. Patuh Terhadap Pemimpin

Salah satu sifat semut yaitu patuh pada pemimpin. Raja semut yang selalu berada didepan akan diikuti oleh barisan semut. Bahkan jikalau ada ancaman sekalipun, ibarat genangan air, maka secara otomatis semut tersebut akan berbelok dan kembali berjalan menuju barisan sesuai dengan titah pemimpin.

3. Selalu Berfikir ke Depan

Semut selalu berfikir kedepan. Bahkan beberapa hari yang akan tiba sudah direncanakan oleh semut. Termasuk juga perubahan animo yang terjadi. Semut mempunyai kebiasaan mengumpulkan makanannya saat pertengahan animo panas.
Makanan tersebut ia simpan untuk kebutuhan animo dingin. Jangan heran saat kita melihat tiba-tiba semut muncul padahal beberapa hari sebelumnya masih belum ada. Itu sebab semut sedang mencari kuliner untuk dimakan dan persediaan.

4. Menjaga Produktivitas

Diantara beberapa hewan, semut termasuk dalam binatang yang menjaga produktivitas. Dalam setiap kehidupannya ia akan terus berjalan dan mencari makan. Tidak ada satu semutpun yang duduk santai. Sebaliknya, semut harus berjalan dan setiap perjalanannya harus produktif dan menghasilkan sesuatu.

5. Semangat Kebersamaan

Semut dikenal sebagai binatang yang mempunyai kebersamaan yang tinggi. Sangat jarang kita melihat semut hidup atau berjalan seorang diri. Akan tetapi semut berjalan niscaya dengan gerombolannya. Mereka berbaris rapi, berduyun-duyun demi mencapai tujuan. Tidak jarang juga jikalau hal itu dianggapnya berat maka semut akan bergotong royong untuk mengatasi duduk kasus tersebut.

6. Selalu Disiplin

Semut yang berada dalam barisan akan terus mengikuti barisan. Tanpa dikomando atau isyarat semut akan berjalan mengikuti barisan yang didepannya. Ketika ada halangan, barisan semut akan otomatis berbelok dan kembali berada dalam barisan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh satu semut saja. Melainkan akan diikuti oleh barisan semut dibelakangnya sehingga membentuk barisan yang sangat indah.

7. Menjaga Keturunan

Semut akan berusaha melindungi keturunannya sebaik mungkin dari ancaman. Sangat jarang kita temui telur-telur semut berserakan. Akan tetapi semut menyimpannya rapat di dalam tanah. Hal ini dikarenakan semut menyadari bahwa jikalau dibiarkan di atas atau dipermukaan tanpa disembunyikan, maka tentu keberadaan telur-telurnya akan berbahaya.

Subscribe to receive free email updates:

ADS